IMG-20190415-WA0017

SAYANGI NYAWA ANDA SELALU GUNAKAN HELM WAKTU BERKENDARA BAIK RODA 2 MAUPUN RODA 3

tribratanewstuban.com– Perkembangan sepeda motor roda tiga sebagai kendaraan niaga perlahan terus memperlihatkan kiprahnya. Tak hanya untuk mengangkut barang, juga lapak berjalan. Hanya disayangkan, banyak pula yang menggunakan untuk mengangkut orang. Anggota Lantas Polres Tuban memberi hinbauan kepada pengguna sepeda roda tiga untuk selalu mematuhi aturan lalu lintas.
 Karena Sangat berbahaya, apalagi kalau penumpangnya banyak saat berbelok. Yang di kawatirkan adalah keselamatan penumpangnya. “Sepeda motornya sih kuat tp sepeda motor tersebut kelayakannya bukan buat muat orang,” jelas Anggota Sat Lantas.
Dijelaskan, saat ini, belum ada regulasi yang mengatur kendaraan beroda tiga. Di STNK, kategorinya masuk kendaraan roda dua. Artinya, pengendara wajib menggunakan helm, termasuk penumpang di belakang jika harus dipaksakan demikian. Jadi belum ada aturan jelas untuk sepeda motor roda tiga ini, misalnya mengangkut barang, tidak ada uji KIR dan uji kelaikan jalan.
Regulasi untuk kendaraan jenis ini sudah mulai dipikirkan pemerintah. Misalnya, khusus mengangkut barang. Atau jika boleh mengangkut penumpang, dibatasi jumlahnya. ”Seperti bemo, masih ingat ya? Enam orang maksimal di belakang dan memang buat penumpang,” tegasnya.
Untuk menegaskan sepeda motor roda tiga APP KTM tak boleh dipakai mengangkut penumpang, di setiap brosur dituliskan imbauan untuk tidak mengangkut penumpang. Anggota Satuan Lalu Lintas selalu mengingatkan dan memberi himbauan ketika mengendarainya wajib menggunakan helm.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *