POLSEK PLUMPANG GELAR FOCUS GROUP DISCUSSION DAN PENGUKUHAN PEMBINAAN KELOMPOK SADAR KAMTIBMAS KECAMATAN PLUMPANG

0
5

Tribratanewstuban.com-Selasa malam pukul 19.00 wib Polsek Plumpang menggelar acara pengukuhan Kelompok Sadar Kamtibmas dan Focus Group Discussion (FGD) dalam rangka pengamanan Pemilihan Gubenur (Pilgub) Jatim 2018.  Kegiatan penuh kebersamaan itu dilaksanakan di halaman kolam renang Bintang Desa Sumurjalak Kecamatan Plumpang (Rabu ,14/02/2018).

Forum yang difasilitasi Kapolres Tuban dan Polsek Plumpang ini dihadiri anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Plumpang, Panitia Pemungutan Suara (PPS) se Kecamatan Plumpang, tokoh masyarakat, dan komunitas-komunitas lokal yang ada di wilayah tersebut.

Hadir pula dalam acara itu salah satu komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tuban, Yayuk Dwi Agus Setyorini, dan para Muspika Plumpang. Komisioner KPU dalam kegiatan itu juga ikut mensosialisasikan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur yang akan digelar pada 27 Juni 2018 mendatang.

Komisioner KPU Tuban, Yayuk Dwi Agus Setyorini dalam sesi tanya jawab memberikan wawasan kepada masyarakat tentang Gerakan Coklit Nasional yang akan dilangsungkan serentak pada 20 Januari 2018 mendatang. Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) akan mendatangi rumah penduduk untuk melakukan Pencocokan dan Penelitian data pemilih.

Bahwa tahapan pemilu masih memasuki tahap Coklit yang akan berakhir pada tanggal 18 Pebruari 2018. Pada tanggal 12 Pebruarib 2018 KPU jatim telah menetapkan dua pasangan calon Pilgub dan wakil gubernur jatim 2018. Saya sangat berterima kasih kepada Pokdar kamtibmas yang telah terbentuk pada malam hari ini. semoga bisa menjadi penggerak kepada masyarakat Plumpang tentang kesadaran untuk bisa menggunakan hak pilihnya dalam pilgub jatim 2018. Pihak KPU akan memberikan pendidikan pemilih / sosialisai kepada masyarakat yang akan dilaksanakan oleh KPU/PPK /PPS dalam tata cara pemungutan suara Pilgub Jatim 2018.

“Seluruh penyelenggara pemilu mulai dari  KPU hingga PPDP akan mendatangi rumah-rumah warga, untuk itu warga diharapkan bisa mempersiapkan diri dan menunjukkan KTP dan Kartu Keluarga kepada petugas pada saat Coklit,” pesan Yayuk kepada para tokoh masyarakat.

Sementara itu, Wakapolres Tuban, Kompol Teguh Priyo Wasono dalam sambutannya mengatakan Ucapan permintaan ma’af dari Bapak Kapolres Tuban karena tidak bisa menghadiri kegiatan FGD dan pengukuhan Pokdar Kamtibmas pada malam ini dikarenakan ada tugas  yang tidak bisa ditinggalkan.  Situasi kamtibmas wilayah Kab. Tuban selama tahun 2018 sebanyak 641 kasus. Angka laka lantas wilayah Tuban cukup tinggi selama 2018 sebanyak 1.212 kasus, sedangkan korban laka lantas banyak dari anak muda dan anak pelajar. Dengan terbentuknya Pokdar kamtibmas Kec. Plumpang pada malam hari ini semoga bisa menjadi pelopor  bagi masyarakat di wilayah plumpang.  Bahwa tahun 2018 merupakan Tahun Politik dimana propinsi Jatim akan melaksanakan Pilgub jatim 2018, mari kita bersama-sama mensukseskan pemilu Pilgub Jatim 2018 dalam keadaan aman dan kondusif tanpa ada gangguan sekecil apapun. Mari kita sikapi dengan arif dan bijaksana serta jangan terpengruh dengan adanya berita berita hoax dimedia sosial yang dilontarkan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab, mari kita bersama-sama mengecek kebenarannya berita tersebut.

Sambutan Camat Plumpang Sdr. Sholahudin Sip.Ucapan trima kasih kpd Bapak Waka polres Tuban beserta perwira staf bisa menghadiri Discusion dan pengukuhan Pokdar Kamtibmas Kecamatan Plumpang. Mohon bimbingan dan arahan demi terciptanya situasi kamtibmas yg aman dan kondusif di wilayah Kec. Plumpang.

Sambutan Panwaskab Tuban Sdr. Masrukin.Tantangan demokrasi pada saat ini sangat kongkrit, demi suksesnya penyelenggara pemilu KPU dan panwaslu Kab. Tuban bersinergi menjaga kekompakan saling koordinasi sehingga tidak saling mencurigai. Saya mengingatkan bahwa Aparatur Sipil Negara dan TNI/POLRI  benar-benar Netral dalam setiap pilkada. Hindari untuk ngopi bareng dengan tim sukses salah satu calon. Bahwa besok Tuban akan melaksanakan deklarasi politik uang untuk tidak menerima imbalan apapun untuk memilih salah satu calon, karena baik pemberi maupun penerima akan ditindak sesuai hukum yang berlaku.

Bapak Wakapolres Tuban mengungkapkan anggota Polsek Plumpang yang sebangak 23 personil harus memberikan pelayanan kepada masyarakat Plumpang yang sebanyak kurang lebih 30 ribu orang. Keamanan dan ketertiban masyarakat tidak mungkin bisa dicapai tanpa peran serta masyarakat.

“Para anggota PPS ini juga merupakan tokoh yang dituakan di lingkungan masyarakatnya, yang menjadi garda depan masyarakat dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat dalam Pilgub mendatang,” katanya.

(Humas Polsek Plumpang)

 

LEAVE A REPLY